Kamis, 18 Oktober 2012

8 Khasiat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Habbatussauda atau disebut juga dengan jintan hitam memiliki banyak sekali manfaat. Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda : ‘ Gunakanlah Al Habbatussauda’, karena didalamnya terdapat obat utk segala macam penyakit kecuali as Sam (maut)  (Shahih Bukhori dan Muslim).

Dari hadist tersebut jelaslah bahwa habbatussauda memiliki banyak sekali manfaat, bahkan disebutkan sebagai obat untuk segala macam penyakit kecuali as Sam (maut) oleh Rasulullah.

Lalu apa saja sih khasiat dari habbatussauda atau jintan hitam ini? Nah, berikut adalah manfaat dari habbatussauda :



1.   Menguatkan sistem kekebalan
Habbatussauda atau jintan hitam memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian Habbatussauda dapat dijadikan untuk  penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti kanker dan AIDS.

2.      Meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan Kewaspadaan
Habbatusssauda merupakan nutrisi bagi sel otak berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, Habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lanjut usia.


3.Meningkatkan Bioaktifitas Hormon
Salah satu kandungan habbatussauda adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormon. Jadi habbatussauda bisa meningkatkan bioaktifitas hormon.

4.   Menetralkan Racun dalam Tubuh
Selain untuk meningkatkan bioaktifitas hormon, Habbatussauda juga mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.
5.   Mengatasi gangguan Tidur dan Stress
Saponin yang terdapat didalam habbatussauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stress.


6.      Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
Habbatussauda’ mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Tahun 1992, jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampuh membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetracillin.

7.      Melancarkan Air Susu Ibu
Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini kemudian di publikasikan dalam literature penelitian di Universitas Potchestroom tahun 1989.

8.      Tambahan Nutrisi Pada Ibu Hamil dan Balita 
Pada masa pertumbuhan anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh secara
alami, terutama pada musim hujan anak akan mudah terkena flu dan pilek. Kandungan Omega 3, 6, 9 yang
terdapat dalam habbatussauda merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan
janin.

Itulah 8 khasiat Habbatussauda untuk kesehatan.Anda baiknya anda mencegah penyakit dengan habbatussauda. Jadi, sebelum timbulnya penyakit, cegahlah dengan habbatussauda. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati?



Judul: 8 Khasiat Habbatussauda Untuk Kesehatan; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan Bijak