Selasa, 16 Oktober 2012

Mencegah Lebih Baik dari Mengobati

Semua orang juga tahu kalau lebih baik mencegah dari pada mengobati , pepatah yang sering Kita dengar mulai dari SD sampai sekarang. Kenyataan dari pepatah ini masih sulit dilakukan oleh masyarakat Kita. Dengan banyak alasan, paling banyak memang masalah biaya.

Beberapa waktu yang lalu, mobil teman Saya rusak, bahasanya “turun mesin”. Kesusahan yang pertama dia alami adalah membawa mobilnya ke bengkel, perlu mobil Derek. Kedua, selama mobilnya diperbaiki, Dia terpaksa melakukan aktivitas setiap hari dengan kendaraan umum. Ketiga, biaya untuk “mengobati” mobilnya ternyata tidak sedikit. Cek punya cek, ternyata oli mobilnya tidak rutin diganti. Teman Saya ini bilang “bukannya ga mau tapi tidak sempat, hari kerja begitu menyita waktu, sabtu minggu istirahat atau waktu untuk keluarga.”


Jika tubuh Kita “turun mesin” gimana ? Terpaksa rumah sakit solusinya :( Banyak yang terkuras jika Kita atau anggota keluarga masuk rumah sakit.

  • Biaya
  • Tenaga
  • Pikiran
  • Waktu
Untuk biaya, mungkin sekarang bisa “tercover” asuransi jika Anda memilikinya. Hanya saja tenaga, pikiran, waktu sangat terkuras jika Anda atau salah satu anggota keluarga masuk rumah sakit. Tekanan psikologis yang membayangi terus ada. Sebetulnya “biaya psikologis” inilah yang paling mahal. Coba Anda bayangkan, jika Anda seorang suami masuk rumah sakit, istri dan anaknya baik langsung maupun tidak merasakan beban psikologisnya. Begitu juga jika Anda orangtua, anak, istri, jika Anda masuk rumah sakit keluarga Anda juga memikul beban psikologis. Belum lagi yang dirawat, merasakan badan tidak enak, makan tidak enak, diinfus, dan perawatan-perawatan medis lainnya.

Ada ungkapan yang berkata “Sakit = Keluarga berantakan sesaat.” Ya, seperti yang tertulis diatas jika salah satu anggota keluarga sakit. Jadi mencegah bisa dilakukan dengan :
  • olah raga yang teratur
  • makanan yang bergizi, ditambah food supplement
  • berpikir positif
  • istirahat yang cukup
Sulit melakukannya? Iya memang, tapi lebih sulit lagi jika Anda masuk rumah sakit. Makanan yang bergizi dan food supplement mahal? Jauh lebih mahal jika Anda sudah dirumah sakit. Biaya psikologis keluarga Anda inilah yang paling mahal.

So, kepada seluruh teman-teman, ayo kita mencegah timbulnya penyakit dengan cara hidup sehat.

Go Sehat!
Judul: Mencegah Lebih Baik dari Mengobati; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan Bijak